BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dimasa dewasa ini yang terletak di zaman globalisasi atau jg kita sekarang kita berada di zaman teknologi yang kita jarang sampai tergiala oleh teknologi tetapi kita harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini dan masa akan datang.seperti menulis surat,makalah,buku,dan skripsi dan lain-lain dulunya di tulis dengan menisketik,yang sipatnya lambat dan sulit proses pengerjaannya dan hasil tidak terlalu baik.tetapi sekarang sudah ada namanya computer yang memiliki banyak keunggulan yaitu hasil bagus,mudah dan cepat selesainya.klaw di computer terdapat softwere pengolah angka dan kata,pengolah angka dan kata ,pengolah angka yaitu mikrosoft excel dan kalau pengolah kata disebut Microsoft word,sebenarnya masih banyak aplikasi lain tetapi aplikasi tadi adalah aplikasi terbaik di masa ini yang dibuat oleh perusahan Microsoft coorpion.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apa yang di maksud dengan Table Pivot?
2.Bagaimana cara mengoprasikan Table pivot?
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Pivot Table
Secara sederhana pivot table adalah ringkasan dari beberapa data,diciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data tersebut.tapitidak seperti ringkasan yag d buat secara manual dan harus mengetik satu persatu rumus statistikanya,Microsoft excel Pivot table sangat interaktif,setelah anda membuat satu dua data,anda akan dapat mudah mengubahnya.
Pivot Table adalah salah satu fitur terdahsyat yang ada pada Microsoft Excel. Dengan Pivot Table, ratusan ribu atau bahkan jutaan baris data transaksi dapat diolah menjadi sebuah rekap laporan hanya dalam hitungan detik. Disamping dapat mengkalkulasi serta menampilkan laporan dengan cepat, Pivot Table mengijinkan anda mengubah laporan analisa anda dengan sangat mudah semudah anda menggeser mouse.
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Pivot Table
Beberapa hal-hal berikut ini dapat berpengaruh pada saat membuat data dengan pivot table :
Setiap data yang akan dilakukan pivot table harus berisi header, hal ini akan menyebabkan jika terdapat salah satu header dalam rentang sel /array yang dipilih tidak berisi judul, maka pembuatan pivot table tidak dapat dilakukan.
Pivot table akan mengambil baris paling atas sebagai field yang akan digunakan untuk report.
Kolom yang tersembunyi / hide akan tetap muncul pada field di pivot table field list.
Baris yang tersembunyi akan tetap dihitung nilainya jika terdapat di dalam array yang dipilih sebagai sumber data.
Pemilihan jenis data (value field settings) akan berpengaruh pada hasil nilai yang akan ditampilkan.
C. Membuat PivotTable
Jika memiliki pengalaman terbatas dengan PivotTable, atau tidak yakin bagaimana memulainya, PivotTable yang Direkomendasikan adalah pilihan yang baik. Saat menggunakan fitur ini, Excel menentukan tata letak yang berguna dengan mencocokkan data dengan area yang paling cocok dalam PivotTable.
~ Pivot Table yang Direkomendasikan
Klik sel dalam sumber data atau rentang tabel.
Masuk ke Sisipkan > Tabel > PivotTable yang Direkomendasikan.
Excel menganalisis data Anda dan memberikan beberapa opsi, seperti dalam contoh ini yang menggunakan data pengeluaran rumah tangga.
Pilih PivotTable yang terlihat paling sesuai untuk Anda lalu tekan OK. Excel akan membuat PivotTable di lembar baru, dan menampilkan Daftar Bidang PivotTable .
Hal ini membantu memberi Anda titik awal untuk eksperimen tambahan. Setelah PivotTable yang direkomendasikan dibuat, Anda dapat menjelajahi orientasi berbeda dan menyusun ulang bidang untuk mendapatkan hasil tertentu. Fitur PivotTable yang Direkomendasikan ditambahkan di Excel 2013, jadi jika Anda memiliki versi terdahulu, ikuti instruksi di bawah ini untuk cara membuat PivotTable secara manual.
Membuat PivotTable secara manual
Klik sel dalam sumber data atau rentang tabel.
Masuk ke Sisipkan > Tabel > PivotTable.
Jika Anda menggunakan Excel untuk Mac 2011 dan versi sebelumnya, tombol PivotTable berada di tab Data dalam grup Analisis.
Excel akan menampilkan dialog Buat PivotTable dengan nama rentang Anda atau tabel yang dipilih. Dalam hal ini, kami menggunakan tabel yang disebut "tbl_HouseholdExpenses".
Dalam bagian Pilih tempat yang ingin Anda gunakan untuk meletakkan laporan PivotTable, pilih Lembar Kerja Baru, atau Lembar Kerja yang Sudah Ada. Untuk Lembar Kerja yang Sudah Ada, Anda harus memilih baik lembar kerja maupun sel yang ingin digunakan untuk meletakkan PivotTable.
Jika ingin menyertakan beberapa tabel atau sumber data di PivotTable Anda, klik kotak centang Tambahkan data ini ke Model Data .
Klik OK, lalu Excel akan membuat PivotTable kosong, dan menampilkan daftar Bidang PivotTable .
D. Bekerja dengan daftar Bidang PivotTable
Dalam area Nama Bidang di bagian atas, centang kotak untuk setiap bidang yang ingin ditambahkan ke PivotTable. Secara default, bidang non-numerik ditambahkan ke area Baris, bidang tanggal dan waktu ditambahkan ke area Kolom, dan bidang numerik ditambahkan ke area Nilai. Anda juga dapat secara manual menyeret dan menjatuhkan setiap item yang tersedia ke dalam setiap bidang PivotTable, atau jika tidak lagi menginginkan suatu item di PivotTable, cukup seret keluar dari daftar Bidang atau hapus centangnya. Kemampuan dalam menyusun ulang item Bidang merupakan salah satu fitur PivotTable yang mempermudah pengubahan tampilan dengan cepat.
Daftar Bidang PivotTable
Bidang terkait di PivotTable
Nilai PivotTable
Meringkas Nilai Berdasarkan
Secara default, bidang PivotTable yang diletakkan di area Nilai akan ditampilkan sebagai JUMLAH. Jika Excel menerjemahkan data Anda sebagai teks, data tersebut akan ditampilkan sebagai HITUNGAN. Inilah sebabnya sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mencampur tipe data untuk nilai bidang. Anda dapat mengubah perhitungan default dengan terlebih dahulu mengklik panah di sebelah kanan nama bidang, lalu memilih opsi Pengaturan Bidang Nilai.
Berikutnya, ubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan. Perhatikan bahwa saat Anda mengubah metode penghitungan, Excel akan secara otomatis menambahkannya di bagian Nama Kustom, seperti "Sum of FieldName", tetapi Anda dapat mengubahnya. Jika mengklik tombol Format Angka, Anda dapat mengubah format angka untuk seluruh bidang.
Tips: Karena mengubah perhitungan dalam bagian Rangkum Nilai Berdasarkan akan mengubah nama bidang PivotTable, lebih baik untuk tidak mengganti nama bidang PivotTable sampai Anda selesai menyiapkan PivotTable. Salah satu triknya adalah menggunakan Temukan & Ganti (Ctrl + H) >Temukan apa > "Jumlah dari", lalu Ganti dengan > biarkan kosong untuk mengganti semuanya sekaligus, dan bukan mengetik ulang secara manual.
Perlihatkan Nilai Sebagai
Anda tidak hanya dapat menggunakan perhitungan untuk merangkum data, tetapi juga dapat menampilkannya sebagai persentase dari bidang. Dalam contoh berikut ini, kami mengubah jumlah pengeluaran rumah tangga untuk ditampilkan sebagai % Total Akhir, dan bukan jumlah nilainya.
Setelah membuka dialog Pengaturan Bidang Nilai, Anda dapat membuat pilihan dari tab Perlihatkan Nilai Sebagai.
Tampilkan nilai sebagai perhitungan dan persentase.
Cukup seret item ke dalam bagian Nilai dua kali, lalu atur masing-masing opsi Rangkum Nilai Berdasarkan dan Perlihatkan Nilai Sebagai.
E. Merefresh PivotTable
Jika data baru ditambahkan ke sumber data PivotTable, setiap PivotTable yang dibuat berdasarkan sumber data tersebut perlu direfresh. Untuk merefresh hanya satu PivotTable, klik kanan di mana pun dalam rentang PivotTable, lalu pilih Refresh.
Jika Anda memiliki beberapa PivotTable, pertama, pilih sel mana saja di PivotTable mana saja, lalu di Pita masuk ke Alat PivotTable > Analisis > Data > Klik panah yang ada di bawah tombol Refresh, lalu pilih Refresh Semua.
F. Menghapus PivotTable
Jika Anda membuat PivotTable lalu memutuskan untuk menghapusnya, cukup pilih seluruh rentang PivotTable, lalu tekan Hapus. Hal ini tidak akan berpengaruh pada data lain, PivotTable lain, atau bagan di sekitarnya. Jika PivotTable berada di lembar yang terpisah dan tidak mempunyai data lain yang ingin disimpan, menghapus lembar tersebut merupakan cara tercepat untuk menghapus PivotTable.
Kesimpulan
Melakukan Query sejumlah besar data dengan cara yang mudah. Proses Kalkulasi subtotal dan menjumlahkan data numerik, meringkas data dengan sebuah kategori dan subkategori, serta membuat perhitungan dengan formula dan rumusan yang anda buat sendiri.Memperluas dan mempersempit tingkatan tampilan data yang berguna untuk focus terhadap apa yang ingin anda cari, dan menampilkan secara detil dari ringkasan data (yang menjadi titik fokus perhatian anda).
Melihat data dari dimensi yang anda inginkan.untuk merangkum data dari suatu daftar berdasarkan analisis tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Komputer,wahana.2010.Mengoptimalkan fungsidan formula excel 2010.jakarta:PT Excel Media komputindo.
Support.Office.com/id-id/article/buat-pivottable-untuk-menganalisis-data-lembar-kerja. 18 February 2018 10:12 wib
Tidak ada komentar:
Posting Komentar